Monday, December 7, 2015

Cara Membuat dan Menggunakan Action di Photoshop dengan Mudah

Tips trik Playstore13 untuk membuat action photoshop dengan mudah, tanpa ribet, berguna untuk menghemat waktu anda agar tidak terbuang sia-sia.
Apakah yang dimaksud Action pada photoshop?

Photoshop Actions adalah tool andalan yang dimiliki oleh photoshop, berguna untuk merekam aksi-aksi dari kegiatan kita pada photoshop. Jadi secara garis besar tool ini berguna banget bagi anda untuk menyeleksi photo secara banyak, keseluruhan. Kita membuat perintah pada photoshop dengan tool actions hanya satu kali pada gambar pertama dengan merekam perintah kita, selanjutnya kita tinngal mengeklik satu tombol (shourtcut) maka gambar selanjutnya akan mengikuti perintah kita yang pertama, waow semakin menyingkat waktu kita bukan. Semisal kita mempunyai photo banyak, ternyata photo itu pencahayaanya gelap maka kita butuh menambah kecerahan pada poto kita. Apakah kita menerangkan photo secara satu-satu? apa kita tidak capek kalau satu-persatu photo?
Tool inilah yang akan membantu teman-teman untuk mennyelesaikan poto tersebut dengan cepat.

Bagaimana cara menggunakan tool photosop actions ini., berikut langkah-langkahnya:

Pertama buka satu file dari banyak file Photo yang akan ditambah pencahayaanya.
menu File - Open dan pilih potonya
Nah poto sudah tampil di photoshop, kemudian menampilkan tool Actions,
pilih Menu Windows - Actions atau bisa juga menggunakan shourtcut ALT + F9


Maka tampilan Actions akan muncul tampilanya sebagai berikut
Sekarang kita membuat perintah actions yang akan diterapkan pada photo yang gelap tersebut di atas.
dengan menekan opsi kecil new actions

setelah menekan menu di atas akan muncul opsi nama, function key
isi nama terserah anda, dan isi function key dengan shoutcut yang akan anda gunakan nanti, dan klik record. Setelah merekam maka tombol rekam akan berwarna merah.
aktivitas merekam sedang berjalan, ditandai dengan warna merah.

Kemudian saatnya anda membuat perintah dengan edit photo yang gelap tadi dengan memilih tool untuk mencerahkan photo yang gelap, misalnya : Level, Curva, Brightnes, dll di effect. setelah poto menjadi terang , anda pilih menu stop disamping tombol rec. maka anda sudah berhasil membuat sebuah actions photoshop.

Cara menjalankan photoshop actions cukup mudah, anda open semua file photo yang akan di actions dan anda bisa memencet sekali tombol shoutcut dari actions, misalnya kalau contoh di atas shoutcutnya adalah tinggal menekan perintah dari tombol keyboard F11. Maka perintah yang terekam actions akan mengubah semua photo menjadi terang cahayanya.

Actions ini bisa menjalankan semua perintah di photoshop, tidak hanya gelap terang cahaya bisa juga mengubah ukuran menjadi sama, RGB-CMYK, cropping, effect, selection, dan lain sebagainya.

Sampai disini kalau teman-teman belum mengerti tentang tutorial kami, dimohon untuk mengisi komentar dibawah ini, Semoga postingan kali ini bermanfaat bagi anda semua, terutama desain grafis. see you.
Comments
0 Comments

0 komentar:

History Post

Dapatkan Dollar Gratis Daftar disini